Intan Paramaditha Ajak Pembaca “Gentayangan”

AntaraNews, 29 Oktober 2017
Yashinta Difa
Pilih sendiri petualanganmu
 

Jika Anda pernah membaca serial “Choose Your Own Adventure” keluaran penerbit Amerika, Bantam Books, yang diterjemahkan ke Indonesia sebagai serial “Pilih Sendiri Petualanganmu” oleh Penerbit Gramedia, medio tahun 1980-an, maka Anda akan merasa cukup familiar dengan format yang diterapkan Intan dalam “Gentayangan”.

Format “pilih sendiri petualanganmu” itulah yang membedakan “Gentayangan” dengan novel lain. Kata ganti “kau” yang digunakan untuk merujuk pada si protagonis perempuan terasa sangat komunikatif saat dibaca.

Saat membaca karya ini pembaca diajak ikut bertualang bersama sepasang sepatu merah, membuat pilihan-pilihan dengan konsekuensi dan akhir cerita berbeda.

Di akhir setiap bab penulis menyediakan beberapa opsi seperti jika pembaca ingin membatalkan perjalanan dan kembali ke rumah di New York silakan buka halaman selanjutnya, tetapi pembaca bisa juga memilih meneruskan perjalanan ke Berlin dengan langsung meloncat ke halaman 33.

Total terdapat 11 plot dengan 15 akhir cerita berbeda yang bisa ditelusuri pembaca. Di halaman terakhir buku disediakan halaman khusus untuk memudahkan pembaca mencatat akhir cerita apa saja yang sudah ia tempuh.